Kosmetik Halal

Friends

Kuingin PLN Menerangi Hingga Kepelosok Negeri

Coba bayangkan bagaimana bila kita hidup tanpa listrik.  Bagi saya, listrik menjadi salah satu penopang penting kehidupan. Hampir semua aktivitas sehari-hari saya bergantung pada listrik.  Jadi sangat tak terbayangkan bila hidup tanpa listrik.

Well, tidak bisa dipungkiri bahwa listrik sangat berpengaruh besar dalam kehidupan manusia. Seperti sekarang ini, listrik bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Bagaimana tidak, keseharian kita tidak terlepas dari listrik seperti : menghidupkan komputer untuk bekerja atau belajar, menghidupkan televisi, lemari es, mesin cuci, nge-cash batere gadget kita, dan menghidupkan lampu sebagai alat penerangan juga membutuhkan listrik. 

PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN)

Bila berbicara tentang listrik, di Indonesia terdapat suatu perusahaan listrik negara yang bernama PT PLN (Persero). Perusahaan ini ada sejak tahun 1945 dan terus berkembang hingga kita masih dapat menikmati listriknya sampai detik ini.

Saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saat menetap di pulau bangka tepatnya di kota Pangkalpinang ketika saya masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) sekitar tahun 2000. Pada saat itu, kegelapan dimalam hari menjadi hal yang lumrah karena pemadaman listrik hampir terjadi disetiap malam dan tidak tanggung-tanggung listrik mati hingga berjam-jam. Hal tersebut tentu sangat mengganggu terutama ketika belajar.


Kasihan melihat saya dan kakak saya kesulitan belajar saat mati listrik, ayah saya memutuskan untuk membeli sebuah lampu emergency rechargeable yang meskipun hanya mampu menerangi satu ruangan saja tapi banyak membantu terutama saat belajar. Pemadaman listrik tersebut mungkin terjadi karena pasokan listrik di pulau bangka saat itu masih minim. Namun, entah apa itu alasannya, pemadaman listrik  menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Tapi syukurlah, ketika saya berlibur ke pulau bangka baru-baru ini, senang rasanya mendengar sedikit keluhan tentang pemadaman listrik disana. Pemadaman listrik tidak terjadi sesering yang saya alami dulu. Ini menunjukkan bahwa PLN mampu meningkatkan kinerjanya untuk selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Belajar dari pengalaman tersebut, ada satu hikmah yang dapat saya petik bahwa kita patut bersyukur karena bisa menikmati listrik meskipun sering padam. Mengapa? Coba lihat saudara-saudara kita yang berada didaerah terpencil. Misalnya desa di Kecamatan Air Upas, Pontianak yang sama sekali belum tesentuh listrik. Atau mereka yang tinggal di desa Demang dan Ranggo, Jambi yang selama ini menggunakan jenzet dan diesel sebagai alat penerangan. Sementara untuk aliran listrik sendiri belum dapat mereka nikmati. Warga sudah meminta bantuan listrik kepada pemerintah setempat, namun belum terealisasi. Keberadaan PLN sangat mereka harapkan untuk dapat mengaliri listrik ke daerah mereka.

10 POIN PENTING UNTUK PLN YANG LEBIH BAIK 

PLN sebagai perusahaan listrik terbesar di indonesia menjadi tumpuan rakyat indonesia atas kebutuhan akan listrik. Listrik mutlak menjadi keharusan dalam keseharian baik disektor mikro maupun makro. PLN sebagai sarana pemenuhan kebutuhan rakyat akan listrik dirasa penting untuk terus memajukan diri baik secara internal maupun eksternal. Untuk itu perlu adanya kerjasama antara PLN dengan pemerintah, dan tentu juga peran serta masyarakat amat sangat membantu.

Mari kita bahas terlebih dahulu apa saja yang perlu dilakukan oleh PLN dalam rangka memajukan diri secara internal.

1. MENJADI CONTOH

Menjadi suri tauladan yang baik adalah kunci utama dalam berbenah diri. Disiplin dalam menerapkan kebijakan yang telah dibuat misalnya, kebijakan dalam penghematan listrik. PLN harus memberi contoh konkret dalam pemakaian listrik secara bijak. Hal tersebut wajib dikoordinasikan pula kepada setiap kantor cabang diseluruh indonesia agar citra PLN dan strategi untuk penghematan listrik dapat terlaksana. Setelah PLN dapat membuktikan diri, barulah PLN dapt menghimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas untuk ikut serta dalam usaha penghematan listrik.

2. KERJASAMA

Perlunya membina kerjasama yang baik dengan pemerintah agar dapat saling membantu secara berkesinambungan. Subsidi dari pemerintah amat sangat berpengaruh bagi PLN sebagai pemasok listrik satu-satunya di indonesia untuk menutup kerugian yang mungkin diderita. Maka dari itu, hubungan yang baik haruslah tetap dijaga.

3. DISIPLIN DAN JUJUR

PLN diharapkan mampu membina dan menciptakan tenaga kerja yang disiplin dan jujur. Disiplin haruslah dimiliki oleh setiap tenaga kerja demi kelangsungan PLN yang lebih baik. Selain disiplin, kejujuran juga harus dijunjung tinggi agar terhindar dari segala bentuk tindak korupsi dan penyelewengan. Seperti sekarang ini kasus korupsi merajalela di berbagai instansi di tanah air. Hal tersebut jangan sampai terjadi di tubuh PLN. PLN harus mampu membuktikan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Selain menciptakan tenaga kerja yang bersih, jajaran petinggi PLN juga dituntut untuk mampu bersikap jujur dan adil dalam setiap pekerjaanya. 

Selain itu, adapun kiat yang perlu dilakukan oleh PLN untuk memajukan diri secara eksternal, yaitu :

1. PELAYANAN

PLN harus mampu memberikan pelayananan yang lebih baik lagi, lebih sopan lagi, dan menyenangkan dalam memenuhi keinginan pelanggan. Sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Hal ini juga tentunya akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap kinerja PLN. Perlu ditekankan pula bahwa PLN haruslah mengutamakan kepentingan umum terutama kepada masyarakat yang membutuhkan agar tidak ada ketimpangan sosial dalam pemberian pelayanan.

2. JANGKAUAN LISTRIK

Poin ini yang ingin ditekankan, mengingat sampai saat ini masih terdapat daerah yang belum tersentuh listrik seperti yang telah disinggung sebelumnya. Padahal dengan adanya listrik turut serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.  Alangkah mirisnya bila melihat saudara kita yang masih belum bisa menikmati listrik. Tentu mereka akan mengalami kesulitan diberbagai sektor kehidupan. Oleh karena itu, diharapkan PLN mampu memperluas jangkauan listrik hingga ke pelosok-pelok daerah terpencil. Hal ini perlu mendapatkan perhatian yang  serius baik dari pemerintah maupun pihak PLN agar saudara-saudara kita yang belum tersentuh listrik dapat turut serta menikmati listrik.

3. PASOKAN LISTRIK

Dalam hal ini, sering kali pelanggan merasa dirugikan akibat terjadinya pemadaman bergilir . Kadang kala, hal tersebut sangat menggangu aktivitas. Saya sendiri pernah mengalami hal demikian. Saat saya sedang mengerjakan tugas di komputer, dan tiba-tiba listrik padam, sehingga data tulisan saya yang tidak tersimpan itu lenyap dan saya dengan terpaksa harus mengulangi tugas tersebut dari awal. Kejadian tersebut membuat saya sedikit trauma, sehingga saat kapanpun dimanapun saya mengerjakan tugas menggunakan komputer, saya akan sesering mungkin untuk menyimpannya. Meski begitu, kadang kala pemadaman listrik yang terjadi bukan disebabkan pasokan listrik yang kurang saja, namun karena beban listrik yang melebihi batas sehingga menyebabkan kerusakan pada gardu listrik. Hal semacam ini harus mampu diatasi oleh PLN sesegera mungkin tanpa harus membuat masyarakat merasa dirugikan. Diharapkan PLN lebih cerdik mensiasati pasokan listrik agar tetap terjaga sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pelanggan jika harus mengalami pemadaman bergilir.

4. TARIF

Dalam hal tarif / biaya listrik perbulan maupun biaya pemasangan listrik, PLN diharapkan dapat menetapkan tarif listrik yang lebih terjangkau lagi agar masyarakat tidak terbebani. Mengingat kebutuhan dan biaya hidup yang tinggi  seperti sekarang ini akan sangat menyulitkan mereka yang memiliki ekonomi menengah kebawah. Kadang kala masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah enggan memasang listrik karena beban biaya pemasangan listrik yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih menggunakan lilin atau lampu badai yang memiliki resiko kebakaran lebih tinggi dibandingkan listrik.

5. LISTRIK ILEGAL

Beban biaya pemasangan listrik yang masih mahal, dapat menjadi faktor timbulnya tindakan pencurian listrik atau sambungan listrik liar. Dalam hal ini PLN dituntut untuk mampu mengatasi kejadian serupa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut dapat berupa pemberian sanksi yang tegas bagi para pelaku pencurian listrik, atau memberikan sosialisasi tentang bahayanya pencurian listrik, dan sebagainya. Selain itu, kesadaran dari masyarakat juga sangat diperlukan.

6. KELUHAN KRITIK DAN SARAN

PLN wajib merespon dengan cepat dan tepat segala keluhan pelanggan atas segala kerugian yang timbul baik disengaja maupun tidak dari pihak PLN. Hal ini perlu dilakukan dengan pelayanan yang paling baik agar pelanggan tidak kecewa. Selain itu, pihak PLN juga harus menerima berbagai kritik dan saran dari pelanggan untuk menjadi acuan dan bahan pertimbangan dalam melangkah kedepan untuk menjadi lebih baik lagi.

7. INOVATIF

PLN juga harus mampu menciptakan inovasi-inovasi yang lebih baik lagi dalam rangka mensukseskan roda perputaran bangsa baik dibidang ekonomi, industri, pendidikan, kesehatan, keamanan dan lain sebagainya mengingat listrik tidak dapat dipisahkan dalam segala aspek kehidupan. 

Adapun sepuluh poin diatas saya rasa dapat menjadi bahan referensi bagi PLN untuk lebih baik lagi.  Terlepas daripada itu, PLN telah bekerja keras memenuhi kebutuhan listrik nasional dan turut dalam mensejahterakan masyarakat luas. Hal ini terbukti dengan tetap menjadinya PLN sebagai satu-satunya perusahaan listrik yang menopang kehidupan masyarakat indonesia. Terbukti pula dengan meningkatnya kinerja PLN dari tahun-ketahun untuk terus memberikan pelayaan listrik terbaik kepada masyarakat. Prestasi tersebut harus tetap dipertahankan bahkan  terus ditingkatkan.

Sebagai masyarakat awam yang masih ingin menikmati listrik, tidak ada daya dan upaya selain harapan yang telah saya sampaikan diatas, tiada maksud lain selain demi kemajuan PLN kedepan agar terus menerus menerangi negeri ini. Dengan melaksanakan sepuluh poin diatas dengan baik, diharapkan PLN mampu memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat indonesia lebih luas lagi, sehingga listrik dapat dinikmati oleh mereka yang tinggal didaerah terpencil yang belum terjamah listrik.


-SEPERTI LAYAKNYA MENTARI YANG TERUS BERSINAR, AKU INGIN PLN TERUS MENERUS MENERANGI INDONESIA HINGGA KEPELOSOK NEGERI-

- Selamat Hari Listrik Nasional ke-67 "Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik"-

 

Referensi :

http://www.jambistar.com/berita-975-dua-desa-di-limun--belum-tersentuh-listrik.html
http://www.tribunnews.com/2012/10/11/warga-dambakan-listrik

 

2 komentar:

16 Oktober 2012 pukul 04.55 Balas Komentar [COLOR="#FF0000"]enoMDS[/COLOR]: Terima kasih atas komentarnya, semoga bermanfaat :) . Reply

yupz, masih banyak pelosok negeri yang tidak terjmah PLN, ayo PLn, maju terus pantang mundur

16 Oktober 2012 pukul 07.31 Balas Komentar [COLOR="#FF0000"]enoMDS[/COLOR]: Terima kasih atas komentarnya, semoga bermanfaat :) . Reply

PLN Harus bisa ! :)

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca tulisan diblog ini
jangan lupa tinggalkan komentar yaa..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More